Pusat Audit (Pusdit) Evaluasi Penjaminan Mutu Pendidikan (EPMP) Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Universitas Tadulako (Untad) adakan Sosialisasi Hasil Evaluasi Lulusan dan Pengguna Lulusan, yang digelar di Gedung Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), pada Kamis (15/07), yang dihadiri oleh Perwakilan Fakultas (UPM), PSDKU, dan Pascasarjana di lingkungan Untad.
Dalam penyampaiannya Ketua LPPMP Dr Golar S.Hut MSi mengatakan dari evaluasi yang sudah disampaikan, masih akan dilakukan analisi, karena di LPPMP terkait dengan pemutuan, sehingga kegiatan semacam ini dilakukan secara berkelanjutan.
“Sebagai proses yang berkelanjutan yang tidak hanya memotret tetapi pemaparan hasil evaluasi itu penting. Tidak saja kegiatan evaluasi ini dibutuhkan untuk keperluan RTM, Evaluasi Diri/ Akreditasi tetapi yang terpentung adalah sebagai persyaratan utama yang dituntut oleh BLU pada Untad sebagai penyelenggara BLU dalam Laporan Kinerja Rektor/ IKU yang merupakan kewajiban dari Rektor sebagai representasi beliau untuk memberikan pertanggungjawaban di Kementerian dalam pengelolaan anggaran-anggaran dalam penyelenggaraan institusi, sehingga penggunaan anggaran semuanya berbasis pada kinerja,” ungkapnya.
Dari kegiatan sebelumnya yaitu sosialsisasi Hasil Evaluasi Visi Misi, Dr Golar menyebutkan bahwa belum mendapatkan perhatian penuh dari pihak pimpinan fakultas, unsur pimpinan fakultas kurang yang hadir, sehingga dikhawatirkan jika unsur manejerial utama tidak hadir biasanya, informasi tidak tersampaikan ke pimpinan fakultas.
“Data yang disampaikan sudah cukup baik dan apresiasi untuk Pusdit segera dibuatkan analisisnya. Misalnya dari pertemuan ini apa strategi dan tindak lanjut yang akan dilakukan, yang harapannya dapat diterima di prodi dapat digunakan sebagai bahan RTM, Evaluasi diri dan yang terpenting adalah ada laporan pertanggungjawaban yang melaporkan sejauhmana progress kinerja yang dihasilkan dalam rangka mendukung IKU. Misalnya tuntutan IKU yang dibebankan kepada universitas terkait sejauhmana tingkat serapan alumni terkait waktu tunggu terhadap pengguna, bisa dikorelasikan apakah betul niali BAIK dari pengguna itu merupakan indikator yang memiliki korelasi positif terhadap tingkat serapan alumni, missal singkatnya waktu tunggu yang dihasilkan,” jelas Dr Golar.
Dr Golar menambahkan agar hasil evaluasinya dapat dimanfaatkan secara langsung, bisa memberikan kontribusi dalam analisis-analisi dalam menunjang kebutuhan pemenuhan satuan kinerja.